Langkah ke 8 Sapto Satrio Mulyo Dulur Awang Klapanunggal Merestorasi nilai-nilai Kearifan Lokal yang hampir punah - Teras Klapanunggal

Dulur Awang Klapanunggal Merestorasi nilai-nilai Kearifan Lokal yang hampir punah

Tetap semangat dalam menghadapi segala perubahan
Klapanunggal (Klapanunggal) - Dulur Awang adalah komunitas, bagian dari Komunitas Tanah Impian, di sebuah desa di Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor, yang sering membicarakan mengenai nilai-nilai Kearifan Lokal. Sehingga semua menjunjung tinggi sopan santun kepada orang tua.

Hal ini diterapkan kepada anak cucu mereka, yang selalu menghormati orang yang lebih tua. Jadi bentuk penghormatan yang dibangun sesama warga mengenai orang tua harus dihormati, me-restorasi nilai-nilai yang hampir hilang.

Mereka dapat dikatakan sebagai agen restorasi nilai-nilai Kearifan Lokal di lingkungan Klapanunggal.

Sapto Satrio Mulyo dan Agus Pranoto adalah penggiat Kembali ke Kearifan Lokal, selalu mengingatkan di dalam Komunitas Tanah Impian, bahwa kita ini saudara / dulur. Kalau saudara harus saling Menghormati Orang Tua dan Gotongroyong. 

Menghormati Orang Tua dan Gotongroyong adalah sebagian nilai-nilai Kearifan Lokal yang umum dipakai di antara masyarakat Indonesia pada umumnya, yang bahkan hampir punah ditelan infiltrasi budaya asing.

Merestorasi Kearifan Lokal dimulai dari dua nilai tersebut diatas, yakni Menghormati Orang Tua dan Gotongroyong, adalah awal dari menggali dan menerapkan kembali teknologi pertanian yang Berkearifan Lokal di Kabupaten Bogor, serta pengolahan SDA yang berkearifan lokal.

Komunitas yang tumbuh sudah hampir di semua Kecamatan di Kabupaten Bogor ini, adalah hasil kerja bareng dan dukungan Paku NasDem (Paguyuban Konstituen NasDem), yang selalu memberitakan kegiatan Komunitas melalui #Bogor, dan beberapa media online lainnya.
Selanjutnya
Artikel sering Dibaca.
Sebelumnya
Posting Lama

Sapto Satrio Mulyo : Kembali ke Kearifan Lokal


Sebuah pola kehidupan peninggalan Leluhur kita yang banyak dilupakan. Sejatinya, Kearifan Lokal tidak bertolak belakang dengan Modernisasi, tetapi justru sebagai rel atau pijakan kemana arah Bangsa ini akan berlabuh dengan Sehat


Klapanunggal yang ber-Kearifan Lokal, pasti lebih maju, Sejahtera Aman Tentram


Bogor Sehat (Sejahtera, Aman dan Tentram )